Jumat, 06 Juli 2018

Manfaat Keju Yang Sayang Untuk Dilewatkan


Bagi sebagian orang, keju yakni makanan yang perlu dihindari sebab kandungan lemak dan garam di dalamnya. Atau sebab tak suka dengan rasanya. Melainkan, sebenarnya keju juga mempunyai sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh. Sebagian orang mungkin suka keju bahkan menjadikannya camilan, melainkan ada juga sebagian orang justru merasa takut untuk mengonsumsinya. Keju yakni produk makanan yang terbuat dari susu hewan seperti sapi, kambing, atau domba. Berbeda tipe keju, berbeda pula kandungan gizinya. Melainkan secara umum, keju kaya akan kalsium, protein, vitamin A, B12, fosfor, riboflavin, magnesium, dan seng (zinc) yang yakni nutrisi penting bagi tubuh.

Satu potong keju dengan berat 40 gram mengandung jumlah kalsium yang hampir sama dengan satu cangkir susu atau yoghurt. Asalkan tak dikonsumsi secara berlebihan dan cukup memenuhi kebutuhan nutrisi tiap harinya, kandungan yang ada di dalam keju dapat memberikan Anda beragam manfaat. Berikut ini yakni sebagian manfaat keju bagi kesehatan yang perlu Anda kenal.


Manfaat keju untuk ibu hamil dan menyusui
Keju mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayi. Karena Air Susu Ibu (ASI) yakni sumber nutrisi penting bagi bayi, disarankan untuk mengonsumsi keju selama masa menyusui supaya membantu dalam pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Untuk ibu hamil disarankan untuk hanya mengonsumsi keju bertekstur keras seperti cheddar, keju semi-lembut seperti mozzarella, atau keju yang telah melewati pelaksanaan pasteurisasi (bukan keju yang terbuat dari susu mentah). Sebagian tipe keju tak aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebab rentan menjadi daerah berkembangnya kuman Listeria yang membahayakan. Ibu dapat mengombinasikan keju dengan makanan sehat lainnya seperti salad, sup, atau roti.

Manfaat keju untuk kesehatan gigi
Sebagian studi mengklaim bahwa kuman yang ditemukan dalam keju dapat membantu mencegah kerusakan atau kerapuhan gigi. Keju yang diwujudkan tanpa tambahan gula juga diduga kapabel meningkatkan kandungan kalsium dan fosfor dalam enamel gigi, sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.

Manfaat keju untuk kesehatan
Sebuah penelitian menonjolkan si kecil yang secara teratur mengonsumsi keju mempunyai kepadatan tulang lebih tinggi daripada mereka yang tak. Keju dapat menjadi sumber kalsium yang lebih alami diperbandingkan dengan suplemen atau vitamin.

Kecuali sebagian manfaat di atas, keju juga diduga dapat menjadi salah satu sistem melindungi diri Anda dari penyakit tertentu, seperti kanker, obesitas (kalau yang dikonsumsi tipe keju rendah lemak dan tak berlebihan), dan penyakit jantung. Penelitian lain juga menonjolkan bahwa mengonsumsi produk olahan susu yang melewati pelaksanaan fermentasi, seperti keju dan yoghurt, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Melainkan hasil penelitian ini masih kontroversial dan perlu diteliti lebih lanjut. Anda dapat mendiskusikan mengenai rekomendasi porsi keju atau produk susu lainnya bersama dokter sebelum mengonsumsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbedaan Akad Mudharabah dan Akad Wadiah

Tren perkembangan bank Syariah di Indonesia semakin pesat. Bank Syariah muncul di era 1990-an dan sukses memperkuat posisinya di pasar I...