Sabtu, 14 Juli 2018

Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Sauna


Sauna adalah ruangan dengan suhu panas dan kering yang diaplikasikan untuk membantu tubuh mengeluarkan peluh dan membakar lebih banyak kalori. Sauna juga adalah salah satu sistem relaksasi tubuh yang baik untuk jantung. Secara umum terdapat dua ragam sauna, adalah sauna konvensional dan sauna yang mengaplikasikan infra merah.

Sauna konvensional mengaplikasikan pemanas ruangan untuk memanaskan udara. Sementara itu, sauna dengan infra merah mengaplikasikan kekuatan cahaya untuk memanaskan suhu tubuh tanpa meningkatkan suhu udara. Sauna dengan infra merah lazimnya menciptakan suhu yang lebih rendah dari sauna konvensional .

Temperatur dalam ruang sauna yang dapat mencapai 90,5 derajat Celcius, dapat meningkatkan suhu kulit menjadi sekitar 40 derajat Celcius dalam beberapa menit saja. Karena suhu yang panas, sauna dapat membikin tubuh berkeringat, melebarkan pembuluh darah, melancarkan sirkulasi darah, dan membikin tubuh menjadi rileks.

Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Sauna

Sauna berkhasiat sebagai sistem relaksasi yang cakap mengurangi stres. Sauna juga diduga dapat memulihkan kondisi tubuh sehabis olahraga, sebab tepat sasaran dalam mengkoreksi jaringan otot yang cedera atau sakit. Beberapa penelitian menceritakan bahwa sauna tepat sasaran untuk membantu mengurangi nyeri kronis, misalnya pada penderita sakit kepala kronis, dan radang sendi.

Studi menemukan bahwa terapi mengaplikasikan sauna infra merah dapat membantu penanganan beberapa penyakit, seperti gagal jantung kongestif, rheumatoid arthritis, serta tekanan darah tinggi. Kecuali itu, tak ditemukan adanya efek merugikan dari pemakaian sauna dengan infra merah. Walaupun demikian, masih dibutuhkan penelitian yang lebih menyeluruh untuk mengetahui apakah sauna dengan infra merah benar-benar tepat sasaran dalam membantu pengobatan penyakit-penyakit hal yang demikian.

Penelitian lain tentang sauna menemukan bahwa melakukan sauna tiap-tiap hari selama dua pekan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah jantung pada penderita kerusakan jantung ringan yang tak cakap memompa darah secara normal. Mereka yang rutin berelaksasi dengan sauna sebanyak dua hingga tiga kali per pekan dikatakan mempunyai penurunan risiko terkena serangan jantung hingga 23 persen. Walaupun demikian itu, masih dibutuhkan penelitian yang lebih luas untuk mengkonfirmasi penemuan kreatif ini.

Bahaya Sauna

Sauna yang digemari banyak orang dan mempunyai manfaatnya tersendiri, juga terbukti menyimpan beberapa risiko. Sauna menyebabkan kenaikan suhu kulit dan tubuh Anda. Kenaikan suhu tubuh hal yang demikian, dapat memengaruhi tanggapan jantung dan tekanan darah. Sebuah penelitian di Finlandia menemukan 29 kasus serangan jantung yang terjadi dalam kurun waktu tiga jam setelah melakukan sauna.

Ketika Anda melakukan sauna, laju detak jantung dapat melonjak hingga 30 persen, menyebabkan pembuluh darah jantung melebar, dan mengurangi tekanan darah. Ini sebabnya sauna tak dianjurkan pada penderita ragam penyakit jantung tertentu. Anda dianjurkan berkonsultasi terutamanya dahulu ke dokter sebelum melakukan sauna, kalau mempunyai kondisi medis.

Meningkatnya suhu pada area skrotum diduga dapat mengurangi produksi air mani. Suatu penelitian menampilkan bahwa pria yang sering kali terpapar suhu panas, termasuk sauna, mempunyai penurunan jumlah dan kwalitas air mani. Akan tapi masih dibutuhkan penelitian klinis lebih dalam untuk menganalisis imbas sauna kepada kesuburan pria secara umum. Sauna membikin tubuh menciptakan peluh dalam jumlah banyak kalau diaplikasikan dalam waktu yang lama, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Karena itu, dianjurkan untuk minum air putih yang cukup sebelum dan setelah melakukan sauna untuk mencegah dehidrasi.

Diperhatikan Perlu Tapi Sebelum Sauna

Sauna aman dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kondisi kesehatan normal serta mempunyai tubuh yang fit. Sauna juga cukup aman dilakukan oleh penderita penyakit jantung koroner yang stabil, kalau tak dilakukan terlalu lama. , sauna tak dianjurkan untuk pasien dengan angina yang tak stabil, gangguan ritme jantung, tekanan darah yang tak terkontrol, kelainan katup jantung, serta pasien gagal jantung tingkat lanjut.

Walau sauna mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung pada orang yang sehat, penderita penyakit jantung diharuskan untuk berkonsultasi ke dokter terutamanya dahulu sebelum mencoba sauna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbedaan Akad Mudharabah dan Akad Wadiah

Tren perkembangan bank Syariah di Indonesia semakin pesat. Bank Syariah muncul di era 1990-an dan sukses memperkuat posisinya di pasar I...